10 June 2010

RC DRIFT COMPETITION RULES

SOLO DRIFT

  • Penilain dalam solo drift berdasarkan jumlah total point yg diperoleh drifter dalam melakukan drift dengan melewati clipping point.Terdapat 4 titik clipping point, masing2 clipping point mempunya 3 garis dimana garis paling dalam atau pertama bernilai 3 garis kedua bernilai 2 dan garis paling luar atau ketiga bernilai 1.
  • Drifter akan melakukan putaran sebanyak 3 putaran dimana putaran pertama adalah warming up,dan putaran kedua dan ketiga point akan mulai dihitung.
  • Total point apa bila melakukan drift dengan sempurna dan mengenai garis paling dalam yg bernilai 3 adalah 12. Pemenang ditentukan dengan peserta yg mengmpulkan point terbanyak dalam putaran ke dua atau ketiga dan yg diambil adalah putaran dengan jumlah point terbanyak.
  • Hal-hal yg menyebabkan point tidak dihitung tetapi mobil mengenai garis clipping point adalah:
    1. Mobil tidak melakukan drift saat melewati garis clipping point.
    2. Melakukan drift hanya disaat garis clipping point ada didepan mobil.
    3. Apabila mobil melakukan drift dan mengenai garis clipping point tetapi setelah itu mobil langsung melintir atau nyangkut mengenai pembatas sebelum mengenai clipping point selanjutnya maka point yang didapat tidak dihitung

DRIFT BATTLE

  • Dalam drift battle akan ada dua mobil yaitu sebagai chaser dan leader,posisi sebagai chaser dan leader akan dilakukan bergantian setelah satu putaran.
  • Pemenang dalam drift battle akan dilihat dari tidak banyaknya melakukan kesalahan(mendapat nilai minus)
  • Setiap drifter akan dikurangi yaitu minus satu apabila melakukan kesalahan pada setiap heatnya,kemudian dijumlahkan, atau dijumlah minusnya pada saat posisi sebagai chaser dan leader sudah dilakukan secara bergantian. Peserta dgn nilai minus terbanyak tidak dapat melanjutkan ke battle selanjutnya
  • Apabila keduanya melakukan drift dengan sempurna dan tidak melakukan kesalahan atau mendapat nilai minus,contoh: Mobil A sebagai leader dan B sebagai chaser, mobil A dan B melakukan drift satu heat tanpa melakukan kesalahan, tetapi mobil B dapat terus menempel/mengikuti mobil A sampai finish,dan pada saat heat selanjutnya dimana B sebagai leader dan A sebagai chaser .keduanya melakukan drift tanpa melakukan kesalahan juga,tetapi B jauh meninggalkan A maka pemenangnya adalah mobil B,begitu juga sebaliknya.
  • Hal-hal yg dapat menyebabkan point minus:
    1. Mobil melintir,atau menabrak pembatas.
    2. Menabrak mobil didepannya.
    3. Menempel mobil didepannya tetapi tidak melakukan drift sedangkan yg didepannya melakukan drift.
  • Menyalip atau over taking hanya boleh dilakukan apabila mobil didepannya melintir atau memang ada kesempatan atau celah untuk menyalip,dan tidak merugikan mobil didepannya. Apabila mobil leader melintir dan disalip oleh chaser maka leader akan mendapatkan minus satu, dan apabila leader melakukan drift tetapi terlalu lebar dan dapat disalip oleh chaser dengan melakukan drift maka leader juga akan minus satu.
  • Apabila terjadi point sama atau nilai minus keduanya sama, maka heat keduanya akan diulang kembali sebagai chaser dan leader bergantian sampai didapat pemenang dgn aturan yang telah dijelaskan.


JRCD

No comments:

Post a Comment